Dosen dan Mahasiswa BKI FUAD IAIN Palangka Raya Melaksanakan Kunjungan dan Observasi ke Pondok Darul Amin Kota Palangka Raya

Palangka Raya – Dosen dan Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palangka Raya kembali melanjutkan rangkaian Kunjungan dan Observasi ke LKSA dan PSBR-KW yang terletak di kota Palangka Raya. Setelah tadi pagi rombongan ini mengunjungi PSBR-KW, maka siang ini rombongan melakukan kunjungan berikutnya ke Pondok Al-Amin.

Rombongan disambut baik oleh pengasuh Pondok yang diwakili oleh Ust. Abdul Rahman, Ust. Junaedi dan Ust. Wildan. Kegiatan kunjungan ini dipusatkan di masjid Pondok Al-Amin dengan menghadirkan seluruh anak-anak asuh pondok yang berjumlah 130 santri.

Dalam sambutannya, pengasuh Pondok yang diwakili oleh Ust. Abdul Rahman mengapresiasi kegiatan kunjungan dan observasi ini dan mengharapkan agar tindak lanjut kegiatan ini bisa segera terealisasi. Selain itu, Ust. Abdul Rahman menyampaikan tentang kondisi Pondok serta santri-santri yang menjadi binaan di Al-Amin.

“Awalnya Pondok Al-Amin ini adalah milik orang Madura. Namun karena ada kerusuhan antar etnis yang terjadi pada tahun 2001, Pondok ini lalu terbengkalai”, terang Abdul Rahman. “Lalu berkat jasa Prof. Ahmadi Isa, Guru Besar Universitas Palangka Raya, Pondok ini lalu diambil alih dan sampai sekarang bisa membina ratusan santri yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang sosial”, sambungnya.

Di antara program pembinaan yang diterapkan di Pondok Al-Amin ini adalah membiasakan santrinya shalat malam dan puasa sunnah Senin dan Kamis. Melalui program ini diharapkan agar para santri semangat dalam mengamalkan ajaran Islam dan menguatkan kualitas Iman, Islam dan ketaqwaan mereka kepada Allah Swt.

Selain program di atas, santri Al-Amin juga dilibatkan dalam beberapa kegiatan, diantaranya mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di berbagai level, memenuhi permintaan sebagai Qari’ dalam berbagai acara, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Melalui kegiatan ini, tutur Abdul Rahman, menjadi sarana bagi santri untuk mengasah mental dan berani tampil di depan publik.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, kunjungan ini lalu diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan oleh perwakilan rombongan Dosen dan Mahasiswa Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya kepada Pengasuh Pondok Al-Amin. (Ihsan Mz)

Wakil dari rombongan Dosen dan Mahasiswa BKI FUAD IAIN Palangka Raya, Ihsan Mz, M.Psi, menyerahkan kenang-kenangan kepada Pengurus Pondok Al-Amin, Ust. Abdul Rahman

Author: Admin BKI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *