Upaya Pengembangan Prodi, BKI FUAD IAIN Palangka Raya “Belajar” ke Prodi BKI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta – Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) FUAD IAIN Palangka Raya, pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2017 melaksanakan kunjungan ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Program Studi BKI. Dalam kegiatan ini, BKI IAIN Palangka Raya diwakili oleh salah satu Dosennya, Ihsan Mz, M.Psi.

Kunjungan yang dimulai pukul 14.30 WIB ini berlangsung hangat dan akrab. Perwakilan BKI FUAD IAIN Palangka Raya disambut langsung oleh Ketua Prodi BKI UIN Sunan Kalijaga, A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. Bertempat di ruang Kaprodi BKI UIN Sunan Kalijaga, sharing pengalaman dan pengetahuan serta pengelolaan Program Studi berlangsung lancar dan dinamis.

Dalam kesempatan ini, Said memaparkan beberapa strategi yang dilakukan Prodi BKI UIN Sunan Kalijaga dalam mengembangkan Prodi sekaligus rekrutmen Mahasiswa. Pada penguatan internal lembaga, kata Said, Prodi BKI di UIN Sunan Kalijaga merancang kurikulum yang mengarahkan mahasiswa agar memiliki kemampuan teori dan praktek. Kemudian untuk penguatan eksternal, BKI UIN Sunan Kalijaga aktif melakukan kerjasama dengan berbagai macam mitra, baik sekolah maupun lembaga lainnya.

Selain membincangkan tentang strategi pengembangan Program Studi, BKI IAIN Palangka Raya juga diajak untuk melihat Laboratorium Mikro Konseling yang dimiliki BKI UIN Sunan Kalijaga. Muhsin Kalida, S.Ag., M.A., selaku Direktur Laboratorium menjelaskan banyak hal mengenai pengelolaan Laboratorium sekaligus beberapa produk yang dihasilkan. Muhsin, yang juga pegiat literasi ini mengungkapkan bahwa salah satu upaya yang dilakukan oleh Lab. BKI dalam meningkatkan produktivitas Dosen dan Mahasiswa adalah membuat buku. Beberapa buku hasil kolaborasi Dosen dan Mahasiswa sudah cukup banyak ditemui di masyarakat. Disamping membuat buku, mahasiswa juga diajak untuk merancang berbagai kegiatan dimana Mahasiswa yang langsung menjadi “event organizer”-nya.

Setelah seluruh rangkaian kunjungan ini selesai, Prodi BKI UIN Sunan Kalijaga menyerahkan kenang-kenangan kepada BKI IAIN Palangka Raya, dalam hal ini diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Nurjannah, M.Si. (Ihsan Mz)

Foto bersama di ruang Lab. Mikro Konseling BKI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Author: Ihsan Mz

Saat ini sebagai Dosen di Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya. Spesialisasi dalam mata kuliah Psikologi Agama, Psikologi Dakwah, Konseling Perkawinan, dan lain-lain. Hobinya "makan" buku, travelling, dan diskusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *