Hari Pertama Praktik Mikro Konseling, Prodi BKI Mencatat Sejarah

PALANGKA RAYA—Ruang Lab. Konseling Prodi BKI yang terletak di lantai 3 Gedung Laboratorium Terpadu Kampus IAIN Palangka Raya, menjadi saksi berlangsungnya Praktik Mikro Konseling sebagai bagian yang terintegrasi dalam Kurikulum Prodi BKI. Kegiatan ini diawali dengan Orientasi yang berlangsung pada hari Selasa lalu (10/4/2018), dan dilanjutkan dengan praktik yang dimulai hari ini sampai Sabtu, 21 April 2018.

Mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil, dimana mereka secara bergantian berperan sebagai Konselor, Konseli dan juga Observer. Dosen pembimbing bertugas mengawasi jalannya praktik sekaligus memberi penilaian kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik konseling.

Kegiatan ini dibagi dalam 3 sesi. Fokus penilaian dalam praktik ini ditujukan kepada mahasiswa yang berperan sebagai Konselor. Di antara aspek yang dinilai adalah keterampilan acceptance, identifikasi masalah, paraprase/klarifikasi, keterampilan berbagi pengalaman, konfrontasi, menggunakan teknik-teknik pengubahan, dan sebagainya.

Setelah rangkaian kegiatan Praktik ini selesai, mahasiswa lalu ditugaskan untuk membuat laporan Praktikum yang disahkan oleh Dosen Pembimbing. (Ihsan Mz)

Dosen pembimbing dan mahasiswa yang bertugas sebagai observer serius memperhatikan jalannya proses konseling

Author: Ihsan Mz

Saat ini sebagai Dosen di Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya. Spesialisasi dalam mata kuliah Psikologi Agama, Psikologi Dakwah, Konseling Perkawinan, dan lain-lain. Hobinya "makan" buku, travelling, dan diskusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *