Dosen Prodi BKI Menghadiri Kegiatan Seminar dan FGD di UIN Sunan Ampel Surabaya

Surabaya – Pada hari Selasa 25 sampai 26 September 2018, dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional dan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Profil Lulusan & Kurikulum Prodi BKI dan Peluang Bidang Kerjanya. Kegiatan ini bertempat di GreenSA Inn & Training Center Jl. Raya Juanda No. 85-86 Sidoarjo, Jawa Timur. Pelaksana kegiatan ini adalah Prodi BKI UIN Sunan Ampel Surabaya.

Prodi BKI IAIN Palangka Raya mengutus salah satu Dosennya yaitu Ihsan Mz, M.Psi untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Hal ini tentu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Dosen yang bersangkutan, selain itu agar materi yang diperoleh dalam kegiatan ini bisa dishare kepada pengelola Prodi BKI IAIN Palangka Raya.

Ihsan Mz, M.Psi berpose di sela-sela kegiatan Seminar & FGD yang dilangsungkan di GreenSA Inn and Training Center UIN Sunan Ampel Surabaya.

Agenda pertama dalam kegiatan ini adalah pembukaan. Acara ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel, Dr. H. Abd. Halim, M.Ag. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Nasional.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel, Dr. H. Abd. Halim, M.Ag menyampaikan sambutannya sekaligus membuka Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini.

Narasumber pertama dalam Seminar ini adalah Dr. Aep Kusnawan, M.Ag (Ketua Umum PABKI/UIN SGD Bandung). Tema yang disampaikan beliau adalah “Profil Lulusan Prodi BKI, Kurikulum dan Peluang Kerja Lulusan Prodi BKI”.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Kholilurrohman, M.Si (Praktisi Psikoterapi Islam/IAIN Surakarta). Tema yang beliau angkat adalah “Terapi Khas BKI: Menghidupkan Kembali Khazanah Terapi Islam Karya Para Ulama”.

Narasumber ketiga adalah H. Abd. Basyid, MM (Penulis Buku BKI/UIN Sunan Ampel Surabaya). Tema yang dipresentasikan oleh beliau tentang “Hakikat Manusia Menurut Islam, Teknik Bimbingan dan Konselingnya”.

Ketiga narasumber berpose setelah menyampaikan materi. Tampak mereka menerima kenang-kenangan dari pihak penyelenggara kegiatan.

Setelah penyampaian 3 materi oleh narasumber di atas, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) I mengenai Pendalaman kajian Profil Lulusan Prodi BKI dan Peluang Kerja Lulusan Prodi, yang meliputi 1) Kiat, peluang dan bentuk kerjasama antar Prodi BKI se-Indonesia, 2) Kiat dan peluang kerjasama Prodi BKI dan lembaga terkait, 3) Peluang kerja lulusan Prodi BKI.

FGD II diteruskan dengan pembahasan tentang Kajian Terapi khas BKI: Menghidupkan Kembali Khazanah Terapi Islam Karya Para Ulama Dalam Penyembuhan Jiwa, meliputi: 1) Kompetensi khusus/ke-Islaman mahasiswa Prodi BKI, 2) Kurikulum khas Prodi BKI (Mata Kuliah, Kegiatan Kurikuler dan non kurikuler), dan 3) Terapi khas BKI: menguak kekayaan penyembuhan jiwa karya Ulama (Terapi Al Qur’an dan lainnya).

Peserta FGD fokus mendengarkan pemaparan dari pemateri.

Pada sesi FGD III, dilakukan pendalaman materi mengenai Kajian Hakikat Manusia menurut Islam dan teknik bimbingan dan konselingnya, meliputi: 1) Manusia menurut Islam, 2) Strategi dan Teknik Bimbingan dan Konseling berasaskan Islam, dan 3) Kompetensi khusus / keislaman mahasiswa Prodi BKI.

Sementara agenda pada hari kedua, Rabu 26 September 2018) adalah FGD lanjutan, yaitu FGD ke-IV yang membahas tentang Sinkronisasi antara Profil Lulusan dan Kurikulum untuk membuka peluang kerja lulusan, meliputi: 1) Merancang mata kuliah yang sama antar BKI se-Indonesia, 2) Lembaga-lembaga yang berpeluang kerjasama dengan BKI, dan 3) Perancangan kurikulum BKI level ASEAN. (Ihsan Mz)

Saling sharing antar peserta FGD.

Author: Ihsan Mz

Saat ini sebagai Dosen di Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya. Spesialisasi dalam mata kuliah Psikologi Agama, Psikologi Dakwah, Konseling Perkawinan, dan lain-lain. Hobinya "makan" buku, travelling, dan diskusi.

1 thought on “Dosen Prodi BKI Menghadiri Kegiatan Seminar dan FGD di UIN Sunan Ampel Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *