DIKSI, Wadah Diskusi Mahasiswa BKI

Palangka Raya – Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) merupakan salah satu prodi yang berada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, yang mana menyiapkan para mahasiswanya menjadi konselor yang bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan kepada mahasiswa pada khususnya

Guna menambah kualitas mahasiswa BKI, banyak hal yang rutin dilakukan seperti menulis karya ilmiah maupun terjun langsung di tengah-tengah masyarakat (Praktik Lapangan). Mahasiswa BKI dengan inisiatif sendiri mengadakan diskusi yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 09.00 WIB yang mendiskusikan tema-tema dalam materi pembelajaran BKI yang dikaitkan dengan permasalahan yang terjadi di luar dan didiskusikan sehingga mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan dan wawasan yang tidak didapatkan dalam ruang kelas. Kegiatan ini diberi nama “DIKSI”, yakni singkatan dari “Diskusi Sahabat BKI”.

Tema yang disampaikan pun beragam sesuai dengan situasi yang hangat dan dapat dikaji dengan menggunakan perspektif BKI. Sistem diskusi yang digunakan dengan memilih satu orang sebagai pemantik atau pemandu yang mengarahkan diskusi sehingga lebih tertib dan mengatur segala jalannya diskusi tersebut. Pemantik yang dipilih ialah mahasiswa BKI yang berasal dari seluruh angkatan baik mahasiswa tahun pertama maupun semester akhir. Mereka tentu memiliki kompetensi dalam menyampaikan materi dan mengarahkan jalannya diskusi.

DIKSI dulunya hanya dikhususkan kepada mahasiswa BKI saja. Namun, mengingat betapa pentingnya kegiatan ini dan adanya kesadaran dalam menyampaikan ilmu maka DIKSI terbuka untuk umum sehingga menambah energi positif dalam diskusi tersebut. DIKSI berencana akan membuka forum diskusi yang lebih besar lagi dan bermanfaat bagi civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. (SK)

SHARE

Author: Ihsan Mz

Saat ini sebagai Dosen di Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya. Spesialisasi dalam mata kuliah Psikologi Agama, Psikologi Dakwah, Konseling Perkawinan, dan lain-lain. Hobinya "makan" buku, travelling, dan diskusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.