Serunya Belajar Psychological First Aid, Kelas Online Prodi BKI Kebanjiran Peserta

Palangka Raya – Prodi BKI IAIN Palangka Raya kembali menyelenggarakan Online Class Seri ke-2 yang mengangkat tema tentang “Psychological First Aid” yang disingkat PFA. Kegiatan ini menghadirkan seorang Psikolog muda yang juga Dosen Prodi BKI yaitu Gerry Olvina Faz, M.Psi., Psikolog. Beliau merupakan jebolan Universitas Indonesia, Jakarta.

Online Class yang dipandu Meylani Safar Rini, mahasiswi BKI semester VI ini dipenuhi peserta dari berbagai kalangan. Tema tentang PFA ini memang sangat menarik di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum usai.

Psychological First Aid adalah tindakan suportif dan manusiawi, berupa dukungan sosial, emosional, atau praktis yang diberikan terhadap seseorang yang mengalami peristiwa krisis. Peristiwa kritis yang dialami menyebabkan seseorang mengalami penderitaan dan membutuhkan pertolongan. Peristiwa krisis yang terjadi seperti, kecelakaan, bencana alam, atau peristiwa traumatis lainnya, termasuk pandemi covid-19 yang telah memukul banyak aspek dalam kehidupan.

PFA hadir sebagai sebuah tindakan untuk menjaga dan mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan psikososial korban. Di samping itu, ada beberapa alasan yang menjelaskan pentingnya melakukan psychological first aid pada korban yaitu: Mengurangi risiko gangguan mental, meningkatkan self-healing dan membangun harapan.

Author: Ihsan Mz

Saat ini sebagai Dosen di Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya. Spesialisasi dalam mata kuliah Psikologi Agama, Psikologi Dakwah, Konseling Perkawinan, dan lain-lain. Hobinya "makan" buku, travelling, dan diskusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *