PPL di RSI PKU Muhammadiyah: Ajang Meningkatkan Keterampilan Bimbingan dan Konseling di Rumah Sakit

Palangka Raya РMasuk tahun ke-3, Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Kota Palangka Raya. Pengantaran Mahasisiswa pada  kegiatan PPL Tahun Akademik 2020-2021 ini dilaksanakan pada Rabu (14/10/2020) yang diantar langsung oleh Ketua Prodi BKI IAIN Palangka Raya, Arini Safitri, M.Psi., Psikolog, Dosen Pembimbing Lapangan, Ihsan Mz, M.Psi. dan Dosen BKI IAIN Palangka Raya yang lain.

Kegiatan PPL di RSI PKU Muhammadiyah merupakan ajang untuk meningkatkan keterampilan bimbingan dan konseling di rumah sakit. Sasaran kegiatan bimbingan dan konseling di sini adalah pasien serta pegawai. Di harapkan setelah menyelesaikan kegiatan PPL ini, mahasiswa mempunyai skill atau keterampilan di bidang bimbingan dan konseling khususnya di rumah sakit.

Mahasiswa PPL, Rizki Adiawati saat mengabadikan momen bersama Pendamping Lapangan dari RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya

Pandemi Covid-19 yang masih mengepung, membuat kegiatan PPL berjalan tidak seperti biasanya, termasuk kegiatan di rumah sakit. Oleh karena itu, kegiatan tahun ini menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Ada beberapa kegiatan yang diminimalisir bahkan ditiadakan. Walau demikian, mahasiswa PPL Prodi BKI tetap mendapat jaminan keamanan karena pihak rumah sakit menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rizki Adiawati selaku mahasiswa PPL yang ditugaskan di RSI PKU Muhammadiyah mengaku senang mendapat kepercayaan melaksanakan PPL di PKU. Ia merasa kegiatan PPL ini akan menambah pengalamannya untuk dapat terjun langsung di lapangan, mengingat ia merasa masih belum banyak mendapat kesempatan untuk menangani klien dari luar. (RA)

Author: Admin BKI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *