PPL di Laboratorium BKI: Sarana Memberikan Bantuan Konseling Gratis Kepada Mahasiswa

Palangka Raya – Di zaman sekarang, permasalahan sangat kompleks terjadi di semua kalangan masyarakat, baik pada anak, remaja, orang dewasa hingga manula. Permasalahan tersebut terkadang tidak dapat diselesaikan secara mandiri. Oleh karena itu, banyak yang membutuhkan seseorang untuk mencurahkan perasaan mereka atau sekedar meminta saran.

Mahasiswa sebagai pengenyam pendidikan tinggi dan penerus kehidupan bermasyarakat juga tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang terjadi. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami gangguan seperti stress, cemas atau bahkan mengalami depresi. Kebanyakan terjadi akibat permasalahan kuliah, asmara, kehidupan sehari-hari akibat jauh dari orang tua hingga bingung mengenai rencana karir ke depan.

Bimbingan dan Konseling mempunyai peranan yang penting sebagai ujung tombak penyelesaian permasalahan hidup bagi manusia. Bimbingan dan konseling di perguruan tinggi menjadi unsur yang penting sebagai upaya untuk membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada kalangan mahasiswa. Di IAIN Palangka Raya khususnya pada Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), mempunyai program Layanan Konseling Gratis Bagi Mahasiswa. Program ini diinisiasi oleh para dosen Prodi BKI yang juga mempunyai kapasitas dan jam terbang sebagai konselor. Hingga saat ini, program layanan konseling tersebut masih berjalan dan menerima konseli/klien dari mahasiswa se-IAIN Palangka Raya. Berkaitan dengan hal tersebut, pemberian layanan konseling gratis ini semakin diperkuat dengan adanya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Laboratorium BKI.

PPL ini wajib diprogramkan oleh mahasiswa semester VII, dimana mereka ditempatkan di berbagai Lembaga Mitra yang telah menjalin kerja sama dengan Prodi BKI. Salah satu lembaga yang dimaksud adalah Laboratorium BKI yang langsung berada di bawah Prodi BKI. Di sini, mahasiswa di harapkan dapat mengembangkan kegiatan program konseling gratis bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya agar dapat di kenal dan di rasakan oleh seluruh mahasiswa se-IAIN Palangka Raya. Sigit Kriswanto selaku mahasiswa PPL di Laboratorium BKI mengaku sangat antusias dengan kegiatan PPL. Dia beralasan dengan adanya PPL ini, ia dapat berkontribusi kepada prodi untuk mengembangkan kegiatan Layanan Konseling gratis yang menurutnya masih kurang tersosialisasikan dengan baik, sehingga perlu di tambah program-program yang dapat meningkatkan layanan ini agar dapat di terima dengan baik oleh mahasiswa.

Gedung Laboratorium Terpadu IAIN Palangka Raya. Di gedung ini, Laboratorium BKI berada tepat di lantai III.

“Kegiatan Layanan Konseling Gratis yang diinisiasi oleh para dosen BKI selama kurang lebih setahun terakhir  merupakan hal yang positif untuk dapat membantu mahasiswa menyelesaikan permasalahan mengingat perhatian terhadap permasalahan tersebut masih sangat kurang, terlebih oleh dosen Pembimbing Akademik (PA). Banyak dari dosen Pembimbing Akademik yang kemungkinan tidak mempunyai kapasitas untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada mahasiswa. Oleh karena itu, program ini selayaknya harus mendapatkan perhatian lebih oleh para pejabat kampus. Kebetulan saya mendapat kesempatan untuk magang di sini, sehingga saya bisa membantu prodi untuk membuat program pada layanan ini agar semakin di kenal dan terintegrasi dengan baik mengingat apalagi pada kondisi pandemi seperti ini banyak mahasiswa yang memang membutuhkan layanan konseling entah itu secara offline ataupun online”, imbuh Sigit. (SK)

Author: Admin BKI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *