Prodi BKI Perkokoh Kerjasama Melalui Pengiriman Mahasiswa PPL. Kaprodi BKI: Sebuah Aksi Nyata

Palangka Raya – Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan Konseling Islam (BKI) bertujuan untuk mengembangkam kompetensi mahasiswa, khususnya bidang konseling, sebab Prodi BKI bertujuan untuk mencetak calon-calon konselor Islam profesional di masyarakat, instansi, lembaga dan sebagainya.

Semester Ganjil tahun akademik 2021/2022 ini, Prodi BKI mengutus beberapa mahasiswa praktikan (PPL) ke beberapa lembaga mitra yang selama ini telah menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Lembaga tersebut yaitu KUA Kec. Jekan Raya, KUA Kec. Pahandut, dan BAPAS Kota Palangka Raya. Bahkan tahun ini Prodi BKI kembali membuka jejaring kerjasama di KUA Kec. Bukit Batu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Palangka Raya. Hal ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan sebab melalui penguatan jejaring kerjasama, beberapa program kolaboratif dapat terlaksana dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

Pengantaran mahasiswa Prodi BKI ke KUA Jekan Raya

Penerjunan mahasiswa magang Prodi BKI merupakan satu dari banyak keuntungan yang didapatkan dari kerjasama antar lembaga ini. Bagi instansi/lembaga yang menerima, tentu mendapatkan tambahan tenaga untuk membantu pelaksanaan program kerja pada lembaga tersebut. Bagi mahasiswa, mereka mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi penguatan kompetensi dan kapasitas diri mahasiswa.

Pengantaran mahasiswa PPL di MAN Kota Palangka Raya

Arini Safitri, M.Psi., Psikolog, ketua Prodi BKI, dalam pengakuannya menyebutkan bahwa kegiatan PPL ini merupakan wujud nyata dalam mewujudkan kerjasama kolaboratif yang saling menguntungkan kedua belah pihak. “PPL BKI adalah laboratorium hidup tempat mahasiswa mengamalkan teori-teori konseling yang telah diperoleh di ruang-ruang kelas. Melalui PPL, mahasiswa dapat menyaksikan realitas kehidupan khususnya dunia kerja lengkap dengan berbagai dinamikanya”, ungkap Arini.

Berfoto bersama Ketua KUA Kec. Pahandut.

Pengantaran mahasiswa BKI yang dilaksanakan pada Rabu, 13 Oktober 2021 ini didampingi langsung oleh Kaprodi BKI, Arini Safitri, M.Psi., Psikolog dan salah satu dosen BKI, Ihsan Mz, M.Psi. Kegiatan pengantaran ini disambut baik oleh seluruh instansi yang dituju serta mendapatkan sambutan yang luar biasa.

Pengantaran mahasiswa magang sekaligus foto bersama pengurus PKBI Kota Palangka Raya

Author: Ihsan Mz

Saat ini sebagai Dosen di Prodi BKI FUAD IAIN Palangka Raya. Spesialisasi dalam mata kuliah Psikologi Agama, Psikologi Dakwah, Konseling Perkawinan, dan lain-lain. Hobinya "makan" buku, travelling, dan diskusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *