Prodi BKI : Melaksanakan Praktik Mikro Konseling Upaya Melatih Keterampilan Mahasiswa

Palangka Raya – Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palangka Raya telah melaksanakan kegiatan Praktikum Mikro Konseling yang merupakan mata kuliah berbasis praktik yang wajib diikuti dan dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi BKI sebagai bentuk pelatihan bagi mahasiswa untuk menjadi konselor islam yang profesional dan menguasi Teknik-teknik dalam Konseling. Dalam pelaksanaan Mikro Konseling ada 3 tahapan kegiatan, yaitu Orientasi, Pelaksanaan Konseling dan Pelaporan.  

Orientasi dilaksanakan pada hari senin (18/04/2022) yang dilakukan secara daring yang dibuka langsung oleh Ibu Dr. Desi Erawati, M. Ag, Untuk penyampaian materi orientasi disampaikan oleh Pak Fimier Liadi, M. Pd, dan untuk arahan teknis disampaikan oleh Panitia yaitu Ibu Gerry Olvina Faz, M. Psi., Psikolog. Sebelum Pelaksanaan Konseling, seluruh peserta wajib membuat rancangan konseling yang harus dikonsultasikan dengan para pembimbing. Adapun Pembimbing Mikro Konseling adalah Dr. Desi Erawati, M. Ag, Drs. Abd. Rahman, M. Ag, Arini Safitri, M. Psi., Psikolog, dan Ihsan MZ., M. Psi.

Pelaksanaan Mikro Konseling dibagi menjadi dua, yaitu praktik konseling individu dan praktik konseling kelompok. Konseling Individu dilaksanakan pada hari Rabu (20/04/2022) yang dilakukan dengan cara setiap konselor membawa klien masing-masing. Dalam pelaksanaanya diobservasi langsung oleh observer (sesama praktikan) dan Dosen pembimbing. Adapun konseling kelompok dilaksanakan pada hari Kamis (21/04/2022) dan pada hari Jum’at (22/04/2022).

SHARE

Author: Zikra Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.